Fadli Zon asyik memancing di belakang rumahnya dan membuat warganet bereaksi keras (@fadlizon)
Fadli Zon asyik memancing di belakang rumahnya dan membuat warganet bereaksi keras (@fadlizon)

Politisi Partai Gerindra Fadli Zon kembali membuat warganet gaduh. 

Postingan foto dan cuitannya (Jumat, 20 Maret 2020) di akun Twitternya @fadlizon membuat 2 ribu warganet ramai berkicau.

Di postingan dengan bio juru bicara rakyat ini, Fadli memperlihatkan dirinya yang asyik memancing ikan di sungai belakang rumahnya.

"Kegiatan memancing pagi ini di halaman belakang rumah," cuit @fadlizon.

Dalam foto terlihat Fadli duduk di sebuah kursi cukup tinggi dengan memegang pancing yang terulur ke sungai dengan air berwarna kecoklatan atau keruh. 

Dibatasi pagar tembok belakang rumahnya yang berkawat duri dan posisinya begitu dekat dengan tepi sungai, raut wajah Fadli terlihat serius.

Postingan itu pun memancing warganet berkomentar. Seperti yang dicuitkan  @CintaDamai8585, "Saya salut sama mas @fadlizon yg setia MEMANCING DI AIR KERUH. Meskipun lewat jalur belakang, yang penting kepuasan didapatkan," cuitnya yang tak berselang lama, akunnya di blok oleh Fadli.

"Hanya karna cuitanku ini, saya DIBLOKIR. Mental apa yg dimiliki kalau cengeng begini..? Bukan hinaan atau makian yg saya beri, tp kritikan," lanjut @CintaDamai8585.

Cuitan itu juga dilanjutkan oleh akun lainnya. Seperti @daniellim_bong yang menuliskan, "Memancing di air keruh..gak di dunia maya dan nyata sama saja kau ....," ujarnya.

Warganet lainnya juga mengomentari terkait batas rumah Fadli dengan sungai. 

Dengan dasar Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 28 tahun 2015 terkait garis sempadan sungai tak bertanggul di dalam kawasan perkotaan.

@pudidik mencuitkan, "Permen PUPR No.28 Tahun 2015," sambil menyertakan layar tangkap regulasi itu di akunnya.

Dalam Pasal 5 Permen PUPR 28/2015 dituliskan terkait jarak garis sempadan sungai yang disesuaikan dengan kedalamannya. 

Yakni dari 10 hingga 30 meter dari tepi kiri dan kanan palung sungai sepanjang alur sungai.
@NyiMasRuminah pun mencuitkan, "Rumah anda melanggar aturan DAS tuh,".

Komentar miring lainnya pun berlahiran menyikapi postingan Fadli itu. 

@Moenthelicious melihat dengan rumah Fadli seperti itu yang membuat normalisasi sungai tak berjalan.

"Pantes normalisasi sungai ngga berjalan. Ternyata ada orang yg rumahnya persis di pinggir kali,* cuitnya yang dilanjutkan oleh akun @wiwinwajhudi.

"Bener bgt. Di sepanjang jalur anak kali ciliwung, Rumah2 dempet2. gimana bisa sukses normalisasi. Pantesan ga suka banget sama Ahok dan Jokowi. Takut di Gusur ya Pak," cuitnya.

Dari banyaknya komentar miring, ada pula warganet lain yang memberikan apresiasi atas aktivitas Fadli.

@ozie88625283, "Mantap Bang.. Enak Banget ngliatnya.. Semoga Bang Fadli dan keluarga sehat selalu," cuitnya.

Warganet dengan akun @ranggavega pun ikut berkomentar dengan satirnya ke Fadli, "Masyaallah Pak @fadlizon idolaque!!! Memancing utk ngambilin sampah ya Pak? Wow, sungguh suri tauladan yang mulia, sakinah, mawadah, toyyibah. Sehat selalu Pak,* cuitnya.