Pande Ketut Suryadi.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)
Pande Ketut Suryadi.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus meningkatkan kualitas layanan pengelolaan sampah di Kota Blitar. Salah satunya dengan pengadaan armada tambahan berupa dua Dump Truck, satu Mobil Skyliftdan satu Buldozer.

Kepala DLH Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Rabu (26/2/2020), mengatakan seluruh armada itu saat ini sudah dimanfaatkan untuk pengelolaan sampah dari seluruh Wilayah Kota Blitar.

“Dua Dump Truck digunakan untuk memindahkan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS), ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) karena sebelumnya DLH hanya punya enam Dump Truck saja. Saat ini jumlahnya delapan Dump Truck dan sudah masuk kategori ideal,” ungkap Pande.

Dikatakanya, sebelumnya DLH sudah punya armada Buldozer, tetapi sudah rusak, sehingga saat ini pihaknya sudah memakai Buldozer baru. Apalagi kebutuhan Buldozer saat ini sangat mendesak karena proses pemadatan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) butuh Buldozer dengan kemampuan prima.

Selain itu lanjut Pande, pihaknya juga membeli Mobil Skylift untuk operasional pemotongan ranting dan dahan pepohonan di sepanjang jalan protokol di Kota Blitar karena Mobil Skylift yang lama sering bermasalah.

Untuk pengadaan satu Buldozer, satu Mobil Skylift, DLH menganggarkan tiga milyar rupiah, sementara untuk dua Dump Truck DLH menganggarkan 500 Juta Rupiah. Anggaran berasal dari APBD Kota Blitar.

“Armada baru ini sudah kita pakai sejak akhir 2019 karena memang kita butuh sekali untuk melancarkan petugas dalam mengelola sampah,” imbuhnya.(*)